ISO 9001:2015



ISO 9001 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu. Ini membantu bisnis dan organisasi menjadi lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Versi baru dari standar ISO 9001: 2015 telah diterbitkan, menggantikan versi sebelumnya ISO 9001: 2008. Adaptasi dari sistem manajemen mutu adalah keputusan strategis untuk suatu organisasi yang dapat membantu dalam pengingkatan performa dan menyediakan dasar untuk perkembangan yang berkelanjutan. 

Standar ISO 9001:2015 ini menggunakan pendekatan proses, yang menggabungkan siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act) dan pemikiran berbasis resiko. Pendekatan proses memungkinkan organisasi merencanakan proses dan interaksinya. Siklus PDCA memungkinkan organisasi untuk memastikan disediakan sumber daya dan pengedalian proses yang memadai, serta ditetapkan dan dijalankannya kesempatan untuk peningkatan. Pemikirian berbasis resiko memungkinkan organisasi untuk menetapkan faktor yang dapat menyebabkan perubahan proses dan sistem manajemen mutu dari hasil yang telah ditetapkan, untuk menempatkan pengendalian proses pencegahan untuk meminimalkan efek negatif dan memaksimalkan penggunaan peluang yang muncul.

Standar Internasional ini didasarkan atas 7 prinsip manajemen mutu yang meliputi :

- fokus terhadap pelanggan;

- kepemimpinan;

- keterlibatan personel;

- pendekatan proses;

- peningkatan;

- pengambilan keputusan berdasarkan fakta;

- manajemen hubungan. 

Mengapa standar ISO 9001:2008 harus direvisi?

Standar ISO ditinjau setiap lima tahun dan direvisi jika diperlukan untuk memastikan selalu update dan relevan dengan kondisi pasar. Tantangan yang dihadapi oleh bisnis dan organisasi saat ini sangat berbeda dari beberapa dekade yang lalu dan ISO 9001 telah diperbarui untuk mempertimbangkan lingkungan baru ini. 

Apa saja perubahan besar dalam standar baru ini?

Perubahan besar yang paling terlihat pada standar baru ini adalah strukturnya. ISO 9001: 2015 sekarang mengikuti struktur keseluruhan yang sama dengan standar sistem manajemen ISO lainnya (dikenal sebagai Struktur Tingkat Tinggi), sehingga memudahkan siapa saja yang menggunakan sistem manajemen ganda. Perbedaan utama lainnya adalah fokus pada pemikiran berbasis risiko. Meskipun ini selalu menjadi bagian dari standar, versi baru memberikan peningkatan keunggulan. 

Apa keuntungan dari penerapan standar baru ini?

Keuntungan dari penerapan standar ISO 9001:2015 antara lain:

·         Lebih menekankan keterlibatan kepemimpinan

·         Membantu mengatasi risiko dan peluang organisasi secara terstruktur

·         Menggunakan bahasa yang disederhanakan dan struktur serta istilah umum, yang sangat membantu organisasi yang menggunakan sistem manajemen ganda, seperti untuk lingkungan, kesehatan & keselamatan, atau kelangsungan bisnis

·         Mengelola manajemen rantai pasokan secara lebih efektif

·         Lebih ramah pengguna untuk organisasi berbasis layanan dan pengetahuan 

Apa yang harus dilakukan oleh organisasi yang telah menggunakan ISO 9001:2008?

Organisasi yang telah menggunakan ISO 9001:2008 harus memperbaharui dengan standar ISO 9001:2015. Setiap organisasi adalah unik, sehingga langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan dengan sistem manajemen baru mungkin akan berbeda antara organisasi yang satu dan yang lainnya.

Periode transisi dari standar ISO 9001:2008 ke ISO 9001:2015 adalah tiga tahun dari tanggal publikasi (September 2015). Ini berarti bahwa, setelah akhir September 2018, sertifikat untuk ISO 9001:2008 tidak lagi berlaku.


Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan untuk mengajukan pertanyaan pada Formulir Kontak pada Blog ini atau mengirimkan email ke why.expertconsultant@gmail.com.

Referensi :
International Standard ISO 9001 Fifth Edition 2015-09-15 Quality Management System-Requirement
ISO 9001, Moving from ISO 9001:2008 to ISO 9001:2015

Komentar

Postingan Populer