ISO 9001:2015
ISO
9001 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu.
Ini membantu bisnis dan organisasi menjadi lebih efisien dan meningkatkan
kepuasan pelanggan. Versi baru dari standar ISO 9001: 2015 telah diterbitkan,
menggantikan versi sebelumnya ISO 9001: 2008. Adaptasi dari sistem manajemen
mutu adalah keputusan strategis untuk suatu organisasi yang dapat membantu
dalam pengingkatan performa dan menyediakan dasar untuk perkembangan yang
berkelanjutan.
Standar
ISO 9001:2015 ini menggunakan pendekatan proses, yang menggabungkan siklus PDCA
(Plan-Do-Check-Act) dan pemikiran berbasis resiko. Pendekatan proses
memungkinkan organisasi merencanakan proses dan interaksinya. Siklus PDCA
memungkinkan organisasi untuk memastikan disediakan sumber daya dan pengedalian
proses yang memadai, serta ditetapkan dan dijalankannya kesempatan untuk
peningkatan. Pemikirian berbasis resiko memungkinkan organisasi untuk
menetapkan faktor yang dapat menyebabkan perubahan proses dan sistem manajemen
mutu dari hasil yang telah ditetapkan, untuk menempatkan pengendalian proses
pencegahan untuk meminimalkan efek negatif dan memaksimalkan penggunaan peluang
yang muncul.
Standar
Internasional ini didasarkan atas 7 prinsip manajemen mutu yang meliputi :
-
fokus terhadap pelanggan;
-
kepemimpinan;
-
keterlibatan personel;
-
pendekatan proses;
-
peningkatan;
-
pengambilan keputusan berdasarkan fakta;
-
manajemen hubungan.
Mengapa standar ISO 9001:2008 harus
direvisi?
Standar
ISO ditinjau setiap lima tahun dan direvisi jika diperlukan untuk memastikan selalu
update dan relevan dengan kondisi pasar. Tantangan yang dihadapi oleh bisnis
dan organisasi saat ini sangat berbeda dari beberapa dekade yang lalu dan ISO
9001 telah diperbarui untuk mempertimbangkan lingkungan baru ini.
Apa saja perubahan besar dalam standar
baru ini?
Perubahan
besar yang paling terlihat pada standar baru ini adalah strukturnya. ISO 9001:
2015 sekarang mengikuti struktur keseluruhan yang sama dengan standar sistem
manajemen ISO lainnya (dikenal sebagai Struktur Tingkat Tinggi), sehingga
memudahkan siapa saja yang menggunakan sistem manajemen ganda. Perbedaan utama
lainnya adalah fokus pada pemikiran berbasis risiko. Meskipun ini selalu
menjadi bagian dari standar, versi baru memberikan peningkatan keunggulan.
Apa keuntungan dari penerapan standar
baru ini?
Keuntungan
dari penerapan standar ISO 9001:2015 antara lain:
·
Lebih menekankan
keterlibatan kepemimpinan
·
Membantu
mengatasi risiko dan peluang organisasi secara terstruktur
·
Menggunakan
bahasa yang disederhanakan dan struktur serta istilah umum, yang sangat
membantu organisasi yang menggunakan sistem manajemen ganda, seperti untuk
lingkungan, kesehatan & keselamatan, atau kelangsungan bisnis
·
Mengelola
manajemen rantai pasokan secara lebih efektif
·
Lebih ramah
pengguna untuk organisasi berbasis layanan dan pengetahuan
Apa yang harus dilakukan oleh organisasi
yang telah menggunakan ISO 9001:2008?
Organisasi
yang telah menggunakan ISO 9001:2008 harus memperbaharui dengan standar ISO
9001:2015. Setiap organisasi adalah unik, sehingga langkah-langkah yang diperlukan
untuk menyesuaikan dengan sistem manajemen baru mungkin akan berbeda antara
organisasi yang satu dan yang lainnya.
Periode
transisi dari standar ISO 9001:2008 ke ISO 9001:2015 adalah tiga tahun dari
tanggal publikasi (September 2015). Ini berarti bahwa, setelah akhir September 2018, sertifikat untuk ISO
9001:2008 tidak lagi berlaku.
Referensi :
International Standard ISO 9001 Fifth Edition 2015-09-15 Quality Management System-Requirement
ISO 9001, Moving from ISO 9001:2008 to ISO 9001:2015
Komentar
Posting Komentar